EVALUASI
HASIL BELAJAR MATEMATIKA
PENILAIAN
PROYEK
Disusun
Oleh Kelompok 6:
1. Avissa
Purnama Yanti ( NPM: 1211050005 )
2. Detia
Carolina ( NPM: 1211050214 )
3. Ike
Syafarida ( NPM:
1211050067 )
4. Oka
Intania Sari ( NPM: 1211050057 )
5. Samsu
Hilal Bahri ( NPM: 1211050220 )
MATEMATIKA
E / SEMESTER 5
DOSEN
ROSIDA RAKHMAWATI, M.Pd
FAKULTAS
TARBIYAH DAN KEGURUAN
INSTITUT
AGAMA ISLAM NEGERI ( IAIN )
RADEN
INTAN LAMPUNG
2014
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya
sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini. Kami menyadari bahwa makalah yang berjudul “PENILAIAN PROYEK” ini
tidak lepas dari bantuan semua pihak. Oleh karena itu, kami mengucapkan terima
kasih kepada :
1.
Rosida Rakhmawati, M.
Pd selaku dosen Evaluasi Hasil Belajar Matematika;
2.
Pihak-pihak lain yang
tidak dapat kami sebutkan satu persatu.
Kami menyadari bahwa makalah ini masih mempunyai banyak kekurangan, oleh
karena itu kami mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca. Kami
berharap, semoga makalah ini bermanfaat bagi semua pihak khususnya mahasiswa IAIN Raden Intan Lampung. Amin.
Bandar
Lampung, 03 Desember 2014
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL........................................................................................ i
KATA
PENGANTAR...................................................................................... ii
DAFTAR
ISI .................................................................................................. iii
BAB
I PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang........................................................................... 1
1.2 Rumusan
Masalah...................................................................... 1
1.3 Tujuan............................................................................. .......... 2
1.4 Tinjauan
Pustaka ....................................................................... 2
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Penilaian
Proyek........................................................ 3
2.2
Langkah-langkah penilaian Proyek ............................................. 6
2.3 Kelebihan dan
Kelemahan Penilaian Proyek................................ 7
2.4 Contoh
Instrumen Penilaian Proyek............................................ 11
BAB
III PENUTUP
3.1 Kesimpulan............................................................................... 17
3.2 Saran........................................................................................ 17
DARTAR PUSTAKA……………………………………...........……………18
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang Masalah
Melakukan
kegiatan penilaian bukan hanya sekedar memberikan skor atau angka pada hasil
belajar tertentu (secara kuantitatif), melainkan seorang guru harus dapat
menginterprestasikan angka tersebut sehingga benar-benar dapat memberikan
informasi dan data yang faktual mengenai kemampuan siswa (secara kualitatif).
Dan untuk mencapai kegiatan penilaian yang objektif, valid, dan reliabel maka
seorang guru perlu paham didalam memilih dan menggunakan teknik penilaian mana
yang cocok untuk mengukur dan menilai beberapa komponen dari sebuah proses pembelajaran.
Dalam
proses pembelajaran tentunya tidak semua bentuk penilaian akan cocok dengan
materi atau kompetensi yang akan dicapai. Akan tetapi sebisa mungkin bentuk
penilaian yang digunakan dapat mencakup tiga ranah kompetensi, yaitu kognitif,
afektif, dan psikomotorik. Dengan
begitu, penilaian yang dilakukan oleh guru tidak hanya tepat tetapi juga lebih
komprehensif. Dan dari beberapa jenis penilaian yang telah diungkapkan diatas
salah satu jenis penilaian yang cukup komprehensif mencakup ketiga ranah
tersebut adalah penilaian proyek (Project
Work). Penilaian proyek memberikan
kesempatan kepada siswa untuk seoptimal mungkin dapat mengembangkan kemampuan
mereka dalam memahami konsep sampai dengan aplikasi bahkan menciptakan. Dalam
penilaian proyek guru dapat menilai siswa secara individu maupun kelompok.
Sikap siswa terhadap proses pembelajaran juga dapat lebih
terpantau.
1.2
Rumusan Masalah
Berdasarkan latar
belakang di atas,maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut:
1.2.1
Apa dan bagaimana
penilaian proyek?
1.2.2
Bagaimana
langkah-langkah penilaian proyek?
1.2.3
Apa kelebihan dan
kelemahan penilaian proyek?
1.2.4
Bagaimana instrument
penilaian proyek?
Dan berdasarkan
rumusan masalah di atas,maka penulis mengambil judul “PENILAIAN PROYEK”.
1.3
Tujuan
Ada
pun tujuan kami dalam pembuatan makalah ini adalah :
1.3.1
Memenuhi tugas dari
Dosen;
1.3.2
Memberikan pengetahuan
kepada pembaca tentang penilaian proyek;
1.3.3
Menambah wawasan baik
pembaca mau pun penulis tentang penilaian proyek;
1.3.4
Sebagai sarana
pelatihan dalam melakukan penelitian dalam penyusunan makalah agar dapat
bermanfaat bagi pendidikan selanjutnya.
1.4
Tinjauan Pustaka
Dalam pembuatan
makalah ini, kami menggunakan metode pengambilan data dari buku-buku (refrensi)
dan internet. Cara ini kami gunakan agar informasi yang kami dapatkan lebih
akurat.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Penilaian Proyek
Dalam penilaian proyek umumnya
menggunakan metode belajar yang memecahkan masalah sebagai langkah awal dalam
pengumpulan dan mengintegrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya
dalam beraktivitas secara nyata.
Karakteristik
penilaian proyek antara lain:
a. Mengintegrasikan pengetahuan dan
keterampilan (skill)
b. Sering digunakan dengan metode
cooperative learning
c. Dapat diterapkan secara untuk individu
maupun kelompok.
Dalam penilaian projek setidaknya ada 3 (tiga)
hal yang perlu diperhatikan yaitu:
a. Kemampuan
pengelolaan
Kemampuan peserta didik memilih topic (bila
belum ditentukan secara spesifik oleh guru), mencari informasi dan mengelola
waktu pengumpulan data serta penulisan laporan.
b. Relevansi
Kesesuaian dengan mata pelajaran, dengan
mempertimbangkan tahap perkembangan kognitif peserta didik yaitu dari segi
pengetahuan, keterampilan dan pemahaman selama proses belajar.
c. Keaslian
Projek yang dilakukan peserta didik harus
merupakan hasil karya nyata dengan bimbingan pendidik dan dukungan berbagai
pihak yang terkait.
2.2 Langkah-langkah
Penilaian Proyek
Langkah-langkah dalam
penilaian proyek antara lain:
a.
Tentukan
berbagai jenis proyek dalam setahun.
b.
Untuk
masing-masing proyek, buat jadwal kapan proyek dimulai, kapan masing-masing
bagian dari proyek harus diselesaikan, kapan draft awal dikumpulkan,
c.
dan
kapan produk akhir diharapkan selesai.
d.
Tunjukkan
kepada peserta didik beberapa sample proyek yang telah selesai.
e.
Upayakan
siswa dapat mengembangkan kriteria untuk menilai kualitas sejumlah proyek yang
telah selesai, dari segi penampilan, temuan, atau informasi.
f.
Upayakan
siswa belajar bagaimana menggunakan rubrik yang telah kita berikan sebelumnya.
g.
Upayakan
siswa dapat menyelesaikan proyek dengan bantuan pihak sekolah.
h.
Upayakan
siswa menyajikan proyek yang telah selesai.
i.
Siswa
menyerahkan proyek untuk dinilai.
2.3 Kelebihan dan Kelemahan Penilaian
Proyek
2.3.1 Kelebihan
a. Meningkatkan motivasi.
b. Meningkatkan kemampuan pemecahan
masalah.
c. Meningkatkan kolaborasi.
d. Meningkatkan keterampilan mengelola
sumber.
e. Meningkatkan skil
2.3.2 Kekurangan:
a. Kebanyakan permasalahan “dunia nyata”
yang tidak terpisahkan dengan masalah kedisiplinan, untuk itu disarankan
mengajarkan dengan cara melatih dan menfasilitasi peserta didik dalam
menghadapi masalah .
b. Memerlukan banyak waktu yang harus
diselesaikan untuk menyelesaikan masalah.
c. Memerlukan biaya ekstra.
d. Banyak peralatan yang harus disediakan.
2.4 Contoh
Instrumen Penilaian Proyek
Agar
pelaksanaan penilaian proyek dapat dipertanggung jawabkan objektivitasnya maka
seorang guru harus membuat beberapa kriteria penilaian agar apa yang akan
dinilai oleh guru sesuai dengan kompetensi yang hendak diukur. Criteria-kriteria
tersebut dijabarkan dalam table di bawah ini.
Aspek
|
Kriteria
Skor
|
||
3
|
2
|
1
|
|
Persiapan
|
Jika
memuat tujuan, topik, alasan, tempat penelitian, responden, daftar pertanyaan
dengan lengkap.
|
Jika
memuat tujuan, topik, alasan, tempat penelitian, responden, daftar pertanyaan
kurang lengkap.
|
Jika
memuat tujuan, topik, alasan, tempat penelitian, responden, daftar pertanyaan
tidak lengkap
|
Pengumpulan Data
|
Jika
daftar pertanyaan dapat dilaksanakan semua dan data tercatat dengan
rapi dan lengkap.
|
Jika
daftar pertanyaan dapat dilaksanakan semua, tetapi data tidak tercatat dengan
rapi dan lengkap.
|
Jika
pertanyaan tidak terlaksana semua dan data tidak tercatat dengan rapi.
|
Pengolahan Data
|
Jika
pembahasan data sesuai tujuan penelitian
|
Jika
pembahasan data kurang menggambarkan tujuan penelitian
|
Jika
sekedar melaporkan hasil penelitian tanpa membahas data
|
Pelaporan Tertulis
|
Jika
sistimatika penulisan benar, memuat saran, bahasa komunikatif.
|
Jika
sistimatika penulisan benar, memuat saran, namun bahasa kurang komunikatif
|
Jika
penulisan kurang sistimatis, bahasa kurang komunikatif, kurang memuat saran
|
Contoh Soal :
Carilah informasi yang berkembang di sekitar tempat tinggalmu,
rencanakan penelitian, lakukan penelitian, dan buatlah laporan hasil
penelitian. Dalam membuat laporan perhatikan: kebenaran informasi/data,
kelengkapan data, sistematika laporan, dan penggunaan bahasa!
Catatan : Isu berhubungan Hormat dan berbakti
kepada guru
Kegiatan Persiapan / Perancangan :
a. Tujuan : Menunjukkan pentingnya perilaku hormat dan berbakti
kepada guru, dengan
mengambil teladan dari orang-orang
yang
sukses dan disegani.
b. Topik : Hormat dan berbakti kepada guru
c. Alasan : Menerapkan perilaku hormat dan berbakti kepada
guru
d. Tempat
penelitian : kampung tempat tinggal siswa
e. Responden : orang-orang yang sukses dan disegani di
kampungnya
f. Daftar
pertanyaan dengan lengkap :
1. Memberi salam kepada
guru setiap bertemu dengannya dan menjabat tangannya serta menghadapinya dengan
wajah yang tersenyum
2. Bersikap hormat dan
sopan santun kepada guru dalam segala hal
3. Berbuat baik,
bersikap rendah hati dan berbicara lemah lembut kepada guru
4. Menyenangkan dan
tidak menyakiti perasaan, hati, dan badan guru
5. Bertanya kepada guru
bila ada sesuatu yang belum dia mengerti dengan cara baik
6. Memperhatikan ketika
guru sedang menjelaskan
7. Menghindari
pertanyaan-pertanyaan yang tidak ada faedahnya, sekedar mengolok-olok atau yang
dilatarbelakangi oleh niat yang buruk
8. Menegur guru bila
melakukan kesalahan dengan cara yang penuh hormat
9. Mengunjungi guru /
bersilahturahim baik dalam sehat maupun sakit
10. Mendo`akan guru
Skor Penilaian Persiapan:
No.
|
Aspek
|
Kriteria / Skor
|
Keterangan
|
||
3
|
2
|
1
|
|||
1.
|
Tujuan
|
Tepat
= 3
Kurang
tepat = 2
Tidak
tepat = 1
|
|||
2.
|
Topik
|
||||
3
|
Alasan
|
||||
4
|
Tempat
Penelitian
|
||||
5
|
Responden
|
||||
6
|
Daftar
Pertanyaan
|
||||
Jumlah
|
N =
(Skor pencapaian : Skor maksimal) x 100
N =
(Skor pencapaian : 18 ) x 100
N =
18/18 x 100
N = 100
Tahap Pelaksanaan / Pengumpulan Data
Meliputi :
a. Pengumpulan informasi
b. Keakuratan data/informasi
c. Kelengkapan data
d. Analisis data
e.
Kesimpulan
No.
|
Kriteria
|
Terpenuhi
|
Tidak
Terpenuhi
|
1.
|
Memberi salam kepada
guru setiap bertemu dengannya dan menjabat tangannya serta menghadapinya
dengan wajah yang tersenyum
|
||
2.
|
Bersikap hormat dan
sopan santun kepada guru dalam segala hal
|
||
3.
|
Berbuat baik,
bersikap rendah hati dan berbicara lemah lembut kepada guru.
|
||
4.
|
Menyenangkan dan
tidak menyakiti perasaan, hati, dan badan guru
|
||
5.
|
Memperhatikan
ketika guru sedang menjelaskan
|
||
6.
|
Bertanya kepada
guru bila ada sesuatu yang belum dia mengerti dengan cara baik
|
||
7.
|
Menghindari
pertanyaan-pertanyaan yang tidak ada faedahnya, sekedar mengolok-olok atau
yang dilatarbelakangi oleh niat yang buruk
|
||
8.
|
Menegur guru bila
melakukan kesalahan dengan cara yang penuh hormat
|
||
9.
|
Mengunjungi guru /
bersilahturahim baik dalam sehat maupun sakit
|
||
10.
|
Mendo`akan guru
|
Skor Penilaian Pelaksanaan /
Pengumpulan Informasi :
No
|
Aspek
|
Skor
|
Keterangan
|
||
3
|
2
|
1
|
|||
1.
|
Pengumpulan
informasi
|
Tepat
= 3
Kurang
tepat = 2, Tidak tepat = 1
|
|||
2.
|
Keakuratan
data/informasi
|
Akurat
= 3
Kurang
= 2
Tidak
akurat = 1
|
|||
3.
|
Kelengkapan
data
|
Lengkap
= 3
Kurang
= 2
Tdak
lengkap = 1
|
|||
4.
|
Analisis
data
|
Baik
= 3
Cukup
= 2
Kurang
= 1
|
|||
5.
|
Kesimpulan
|
Tepat
= 3
Kurang
tepat = 2 Tidak tepat = 1
|
|||
Jumlah
|
N =
(Skor pencapaian : Skor maksimal) x 100
N =
(Skor pencapaian : 15 ) x 100
N =
15/15 x 100
N = 100
Pelaporan
Tertulis
Memenuhi
criteria penulisan KTI
1.
Latar belakang
2.
Tujuan : Menunjukkan pentingnya perilaku hormat
dan berbakti kepada guru, dengan mengambil teladan dari orang-orang
yang sukses dan disegani.
3.
Topik : Perilaku hormat dan berbakti kepada
guru
4.
Alasan :
Menerapkan perilaku hormat dan berbakti kepada guru
5.
Tempat penelitian : kampung tempat tinggal siswa
6.
Responden : orang-orang yang sukses dan
disegani di kampungnya
7.
Daftar pertanyaan dengan lengkap.
8.
Saran
Skor Penilaian
Pelaporan Hasil :
No
|
Aspek
|
Skor
|
Keterangan
|
||
3
|
2
|
1
|
|||
1.
|
Sistematika
laporan
|
Baik =
3
Kurang
Baik = 2
Tidak
Baik = 1
|
|||
2.
|
Penggunaan
bahasa
|
Komunikatif
= 3
Kurang
komunikatif = 2
Tidak
Komunikatif = 1
|
|||
3.
|
Penulisan/ejaan
|
Tepat
= 3
Kurang
tepat = 2
Tidak
tepat = 1
|
|||
4.
|
Tampilan
|
Menarik
= 3
Kurang
Menarik = 2
Tidak
menarik = 1
|
|||
Jumlah
|
N =
(Skor pencapaian : Skor maksimal) x 100
N = (Skor pencapaian : 12 ) x 100
N =
12/12 x 100
N = 100
Format Penskoran
Total Tugas Proyek
Tahap
|
No
|
Aspek
|
Kriteria / Skor
|
Keterangan
|
||
3
|
2
|
1
|
||||
Persiapan
|
1
|
Tujuan
|
Tepat
= 3
Kurang
tepat = 2
Tidak
tepat = 1
|
|||
2
|
Topik
|
|||||
3
|
Alasan
|
|||||
4
|
Tempat
Penelitian
|
|||||
5
|
Responden
|
|||||
6
|
Daftar
Pertanyaan
|
|||||
Pelaksanaan
|
7
|
Pengumpulan
informasi
|
Tepat
= 3
Kurang
tepat = 2, Tidak tepat = 1
|
|||
8
|
Keakuratan
data/informasi
|
Akurat
= 3
Kurang
= 2
Tidak
akurat = 1
|
||||
9
|
Kelengkapan
data
|
Lengkap
= 3
Kurang
= 2
Tdak
lengkap = 1
|
||||
10
|
Analisis
data
|
Baik =
3
Cukup
= 2
Kurang
= 1
|
||||
11
|
Kesimpulan
|
Tepat
= 3
Kurang
tepat = 2 Tidak tepat = 1
|
||||
Pelaporan Hasil
|
12
|
Sistematika
laporan
|
Baik = 3
Kurang Baik = 2
Tidak Baik = 1
|
|||
13
|
Penggunaan
bahasa
|
Komunikatif = 3
Kurang komunikatif = 2
Tidak Komunikatif = 1
|
||||
14
|
Penulisan/ejaan
|
Tepat = 3
Kurang tepat = 2
Tidak tepat = 1
|
||||
15
|
Tampilan
|
Menarik = 3
Kurang Menarik = 2
Tidak menarik = 1
|
||||
Skor Nilai
|
N =
(Skor pencapaian : Skor maksimal) x 100
N = (Skor pencapaian : 45 ) x 100
N =
45/45 x 100
N = 100
Atau
Contoh
Teknik Penilaian Proyek
Mata Pelajaran :
Nama Proyek :
Alokasi Waktu :
Guru Pembimbing :
Nama :
NIS :
Kelas :
No
|
Aspek
|
SKOR (1 – 5)
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
PERENCANAAN :
a. Persiapan
b. Rumusan Judul
|
|||||
2
|
PELAKSANAAN :
a. Sistematika Penulisan
b. Keakuratan Sumber Data / Informasi
c. Kuantitas Sumber Data
d. Analisis Data
e. Penarikan Kesimpulan
|
|||||
3
|
LAPORAN PROYEK :
a. Performans
b. Presentasi / Penguasaan
|
|||||
TOTAL SKOR
|
BAB 3
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Dari pembahasan di atas dapat
disimpulkan bahwa :
3.1.1
Penilaian proyek merupakan kegiatan penilaian terhadap suatu
tugas yang harus diselesaikan dalam periode/waktu tertentu. Tugas tersebut
berupa suatu investigasi sejak dari perencanaan, pengumpulan data, pengorganisasian,
pengolahan dan penyajian data;
3.1.2
Kelebihan penilaian proyek yaitu meningkatkan motivasi,
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, meningkatkan kolaborasi, meningkatkan
keterampilan mengelola sumber, dan meningkatkan skil;
3.1.3
Kelemahan penilaian proyek yaitu memerlukan banyak waktu
yang harus diselesaikan untuk menyelesaikan masalah, memerlukan biaya ekstra,
dan banyak peralatan yang harus disediakan.
3.1.4
Agar pelaksanaan penilaian proyek dapat
dipertanggung jawabkan objektivitasnya maka seorang guru harus membuat beberapa
kriteria penilaian agar apa yang akan dinilai oleh guru sesuai dengan
kompetensi yang hendak diukur yaitu persiapan, pengumpulan data, pengolahan dan
pelaporan.
3.2
Saran
Penulis menyarankan
kepada pembaca pada umumnya khususnya kepada mahasiswa/mahasiswi IAIN Raden
Intan Lampung agar dapat mengaplikasikan sesuai ketentuan dan mengamalkan
pengetahuan tentang penilaian proyek sehingga dapat
bermanfaat untuk kehidupan yang akan datang.
DAFTAR PUSTAKA
http://catatanari.blogspot.com/penilaian-proyek
diakses tanggal 03 Desember 2014
http://alfykdr.blogspot.com/2013/07/contoh-contoh-instrumen-penilaian.html
diakses tanggal 03 Desember 2014
http://bastiawanade.blogspot.com/2013/10/penilaian-hasil-belajar-kurikulum-2013.html
diakses tanggal 03 Desember 2014
Sri Wardhani.
2010. Teknik Pengembangan Instrument Penilaian Hasil Belajar Matematika di
SMP/MTs (Diklat Guru Pemandu/Guru Init/Pengembang Matematika SMP Jenjang Dasat
Tahun 2010. Yogyakarta: Depertemen Pendidikan Nasional
Tidak ada komentar:
Posting Komentar